Rabu, 12 Oktober 2011

mas, mas, mas, mastitis..

sejak 2 minggu yang lalu, dada kanan saya sakit sekali kalo lagi menyusui, rasanya kaya pas pertama2 rayyan belajar latch on... berasa ketusuk2 gitu. saya pikir mungkin rayyan ga bener latch on nya aja, berhubung sekarang dia udah banyak gaya.
lalu sejak sabtu kemarin (8/10/11) saya mulai merasa ga fit, saya kira karena saya kecapean aja gara2 begadang tiap malem ngerjain thesis dan lagi gada ART. semua perasaannya ga terlalu saya perduliin, soalnya tiap hari pasti saya sibuk, sempat makan, mandi dan tidur 5 jam aja udah syukur banget. tiba2 minggu malem (9/10/11) pas main sama rayyan, saya ngerasa kok PD saya agak keras (ngebagel) kaya yang ga disusuin lama bgt, saya pikir saya lupa nyusuin sebelah2, jadi saya inisiatif untuk mompa aja. ternyata setelah dipompa cukup lama, kok hasilnya dikit banget dan bagian yang keras itu ga ilang,, barulah saya panik.. saya inget teman kuliah saya yang kena mastitis dan jadi ga bisa nyusuin babynya yang baru 1 bulan. akhirnya malem itu saya browsing dan nemu penyebab2 mastitis cara menanggulanginya..
untuk P3K nya sih saya harus mengompres bagian yang mengeras tsb dengan air panas, terus mencoba disusui dan istirahat.. akhirnya langsung saya kompres dan tidur.. selama tidur, saya menyusui dengan PD kanan saja.
Esok paginya (10/10/11), bagian yang mengeras itu sudah hilang, tapi rasa sakitnya
ga berkurang, akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke DS.OG saya, soalnya saya bingung harus ke dokter apa? kandungan? onkologi? bedah? akhirnya dengan sotoynya saya ke dokter kandungan saya dr. anna fachruriah.. menurut beliau sih penanganan saya sudah benar.. lalu saya dikasih antibiotik, anti radang dan salep u/ putingnya. dan minggu depan saya mesti kontrol lagi. selama treatment saya masih boleh menyusui.
selama seminggu saya minum obatnya,, lumayan membantu dan baikan. payudara saya ga bengkak lagi. tapi di hari ke 4 (13/10/11) setelah disusui, rayyan gumoh dan keluar darah.. wuih langsung panik deh..
hari kamis (14/10/11) saya ke hermina lg untuk periksain rayyan, kemungkinan sih darahnya dari PD saya,, kemungkinan ada luka dan ketika rayyan nenen, darahnya kesedot.. haduh syukurlah,, kirain dia kenapa2..

sampai saat ini PD saya belum sembuh total, masih suka ada yang bengkak ga ilang2, dan kadang sakit kalo disusui.. tapi mudah2an ga mengganggu kegiatan menyusui saya. karena saya ga bisa membayangkan gimana rayyan kalo saya tiba2 berhenti menyusui.. huhuuhu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar