Jumat, 04 November 2011

travelling with baby

rayyan travels a lot!!!
Dalam 6 bulan hidupnya, rayyan pernah naik mobil (yaeyalah), bis, motor, pesawat, ojek dan angkot. yang belom tinggal kereta aja sih.. hihihi
naik mobil sih sering dan standar banget lah ya, waktu masih ada ART dan saya belum beli carseat, biasanya rayyan dipangku ART while saya nyetir, ato kalo pergi sama ibu, ibu yang megang rayyan.
Umur 3 bulan, pas ulang tahunnya si beb, kita terbang ke balikpapan buat liburan semester disana. lumayan bikin deg2an sih perjalanannya.. takut earache dll,, perjalanan perginya emang nangis sih. maklum emaknya baru pertama kali bawa bayi terbang dan masih oon juga.. jadi dari pas naik pesawat, rayyan udah saya susuin, padahal masih ada jeda 10 menit sampe bener2 take off, dan hasilnya pas take off rayyan udah kenyang duluan dan ga mau nenen.. walhasil rayyan cranky selama 1,5 jam di pesawat... huuhuhu. Pas pulangnya sih better. Mominya mulai lihai mengahadapi baby.. saya menyusui di saat yang tepat, akhirnya selama 2 jam di pesawat, rayyan tiduuuur terus. walopun waktu itu saya duduk berdua doang sama rayyan karena si beb duduknya jauh di belakang karena kita telat check in.

*emaknya norak, pengen foto depan pesawat buat kenang2an rayyan pertama kali naik pesawat* hihihi

naik ojek dan angkot juga terjadi di balikpapan, karena si beb kerja dan saya mesti beli oleh2 sendiri. jadinya saya berekperimen naik angkot dan ojek,, ahaahhaa rayyan sih tidur aja, tapi emaknya sakit badan.. halah
Sekarang, saya udah punya carseat, jadi lebih sering pergi2an sama rayyan,, seneng sih jadi lebih mobile.. ga kaya abis lahiran, rasanya sedih banget terperangkap dirumah, ga bisa kemana2. Tapi masalah baru muncul, karena udah gede, rayyan suka cranky di jalan pulang, apalagi kalo perginya kelamaan, bosenlah, pengen tidurlah, pengen nenen lah.. ribet juga kalo pergi berduaan..
Sampe akhirnya tadi siang, saya ajak rayyan pergi ke ATM sama belanja makanannya rayyan.. dan di tengah jalan pas dia mulai bete2 gitu, saya kasih dia cemilan... cemilan satu2nya yang rayyan punya, yaitu empro baby's choice ahahhaha rayyan mau loh, dan diem dijalan.. kayanya perut kenyang, hati senang.. tapi abis itu tetep sih saya pull over dan kasi makan, trus susuin sampe tidur. abis itu, rayyan tidur pules banget.. hebaaatttt...


overall, ada tips untuk persiapan travelling sama bayi:
1. bayi harus dalam keadaan fit
2. bawa earmuff, bisa dipake untuk di pesawat ato naik motor ato ditempat yang bising
3. highly recommended untuk punya carseat, supaya bayi dan yang meganginnya ga pegel,,
4. pakein baju yang nyaman, ga perlu terlalu tertutup ato baju berlapis2, yang penting make sure seluruh badannya tertutup baju. tapi mungkin untuk naik motor sih perlu berlapis ya, minimal pake jaket.
5. kalo pake carseat, usahakan pake bantal leher,, biar lehernya ga pegel.
6.bawa mainan kesukaannya, biar aga anteng di perjalanan
7. untuk 6 bulan keatas, usahakan bawa cemilan biar anaknya ga bosen dan kelaparan dijalan.. lebih bagus lagi bawa makanan, jadi bisa makan ditengah perjalanan.
8. bawa baju ganti secukupnya.

trus untuk ibu2 yang suka nyetir sendiri sambil bawa bayi (di car seat).. ada emergency tips yang suka saya lakuin selama diperjalanan berdua sama rayyan:
1. kalo bayi mulai rewel tapi udah dinenenin: nyanyiin lagu kesukaannya. biasanya bayi ngerasa aman pas denger suara ibunya (rayyan biasanya kalo denger saya nyanyi langsung berhenti nangisnya trus tidur)
2. kalo ga berhasil kasih cemilan kesukaannya (rayyan bisa ngabisin 4 baby's choice a.ka opak bayi hihihi)
3. kalo masih ga berhasil, kasih mainan kesukaannya, ato benda apapun yang bisa menghiburnya (kalo rayyan suka banget sama rattle toys, ato kalo lagi kepepept banget, keresek pun jadi)

kalo ada keresek, rattle pun ga dilirik.. hihihi

4. kalo masih aja ga berhasil tandanya anda harus berhenti sebentar untuk memeluk bayi anda and comforting him.. (saya sering berhenti di mini market, pom bensin, ato mall.. cuma buat nimang2 rayyan sebentar.. kadang mungkin bayi anda boceeeeennn duduk di mobil terus)

lagi pull over, setelah nenen dan becanda2 dulu pas perjalanan pulang..

segitu aja sih tips ga penting dan super standar dari saya,, kayanya semua orang tau deh tips ini. ahahha kaga perlu ditulis lg.
ya pokonya, intinya sih walopun ribet, tapi travelling dengan bayi itu challenging dan menyenangkan.. it's fun to have ur baby around u all the time.

1 komentar: