Selasa, 08 November 2011

inhalasi/uap untuk bayi

sejak hari jumat tanggal 4 november kemarin rayyan mulai nunjukin tanda2 bakal batuk, tapi ga saya apa2in selain disusuin dan dikasih buah yang banyak vitamin C nya.. tapi ternyata besoknya malah makin parah dan berubah jadi pilek, dan akhirnya pas malem takbiran idul adha,, rayyan sukses ga bisa tidur karena ga bisa napas.. duh sediiih banget liat anak nangis2 karena ga nyaman..
paginya saya skip solat ied, dan telfon sana sini berusaha nyari DSA yang masih praktek, tapi bo! di hari libur nasional gini, mana ada dokter yang praktek selain dokter umum yang jaga UGD? bukannya ga percaya sama dokter umum sih, cuma takut aja rayyan dikasih antibiotik ato dosisnya ketinggian.. hehe jadi hari itu saya ga dapet dokter dan saya yang minum obat pilek, dengan harapan rayyan minum obat flu lewat asi saya (errr,, bener ga sih ini?),, at the time rayyan udah susah napas banget dan matanya berair terus, saya tau nih rasanya pasti ga nyaman banget,, kasian kamu nak..
Sejak bulan lalu saya pindah rumah sakit dari hermina ke boromeus due to perubahan asuransi, setelah tanya sana sini, akhirnya tau nama2 dokter disana dan jam prakteknya,, Besoknya (senin)berangkatlah saya kesana jam 11 siang. disana milih dokter sebut saja x.. ehm aga kurang puas sih,, kayanya dia ga terlalu pay attention sama pasiennya, ga ada kali dia megang rayyan lebih dari semenit. setelah suster nimbang badan rayyan, trus ditaro di kasur, dokternya masang stetoskop trus nempelin di dada beberapa detik.. voila! dia udah tau jawabannya..
errr,, beda banget sama dokter teddy ato dokter eddy yang meriksain dengan seksama,, grrr... waktu saya nanya idungnya rayyan yang waktu awal lahir suka grok2 aja, dr teddy meriksa seksama banget, dia cek paru2nya pake stetoskop dengan seksama, ga asal tempel doang di satu daerah, dia (dr. teddy) periksa hidung dan tenggorokannya rayyan.. hwaaaa beteee bgt sama dokter anak tapi umum ini!!!
trus si dokter x itu nulis resep dari pemeriksaan dia yang cuma beberapa detik itu,, kaga ada deh nyampe 2 menit di dalem ruangan.. mau nanya macem2 juga males,, berisik, banyak orang lalu lalang, pintu aja ga ditutup,, kayanya ngantri bayar sama periksa, jauuuuuuuhh lebih lama ngantri ke kasir. tapi bagusnya dokternya ga ngasih antibiotik buat rayyan,, hehe syukurlah..
back to the topic, pokonya intinya si dokter ini menyarankan rayyan u/ di inhalasi ato diuap,, saya emang kepikiran juga sih, soalnya kasian kalo ga bisa napas mulu.. akhirnya setelah lama nunggu bayar ke kasir, saya dipanggil susternya dan nyaranin mending diuap dulu biar ga terlalu lama, trus saya ke ruang fisioterapi, dan disana ngantriiiii lagi.. -_-' nunggu sekitar 45 menit,, akhirnya dipanggil juga, 1x uap itu bareng sama anak2 lain, kemarin sih saya bertigaan dan rayyan yang paling kecil, yang lainnya itu anak umur 6 tahun dan 1,5 tahun.
Susternya masangin alatnya, trus saya yang awam ini ga dikasih tau cara nguapnya gmn, dia ngeloyor aja pergi.. monyong!
untungnya pas ngasi uap itu ketemu sama ibu2 yang udah pernah nguapin anak pertamanya dan sekarang bakal nguapin anak keduanya, dengan sabarnya dia ngasih tau gmn caranya dan apa yang bakal terjadi, dia ngasih tau sih kalo biasanya anak bakal nangis karena ga nyaman sama uapnya.. at the time saya tegang banget, saya paling ga tega liat rayyan nangis.. :(
ternyata pas proses penguapan, rayyan ga nangis, dia cuek2 aja ngehirup asep yang dikeluarin alatnya dengan cool,, ahahaha sampe ibu2 yang disebelah pada heran,,, proses inhalasinya 15 menit, tapi di 5 menit terakhir rayyan nangis karena bosen duduk terus ga ngapa2in dan saya ga ngebiarin dia ganti posisi,, but overall he did a great job.. my smart boy..
beres 15 menit, susternya ga datang lagi a.ka kita langsung cabut aja tanpa penjelasan lebih lanjut, trus saya ke administrasi bagian inhalasi untuk bayar, dan pas bayar saya baru dikasih tau kalo ternyata di resepnya rayyan mesti diangetin pake infra merah,, dan si suster dong2 itu samaseklai ga ngasih tau,, bahkan ga ketemu juga pas beres inhalasi, kata kasirnya tunggu aja, ntar juag dipanggil lagi,, oke, saya nunggu,, setelah 15 menit, saya nanya lagi dong. akhirnya si kasir itu bilang tanya aja ke dalem,, DUENG!!! kenapa ga daritadi aja sih? jadi ga nunggu kaya orang bego!
trus saya masuk lagi untuk nanya ke suster dong2, dia bilang "oh mesti di infra merah ya?",, ih pengen gw cakar pake garpu.. akhirnya dia pasang alatnya, dan rayyan dipangku on my lap,, prosesnya 15 menit,, dan alhamdulillah rayyan ga rewel, dia malah asik mainin alatnya.. ahahha
alatnya kaya lampu di meja belajar tapi warnanya merah,, ga kerasa apa2 juga sih.. setelah itu beres deh..
saya balik lagi ke administrasi poli anak u/ bayar dokter, obat dan ngambil obat.. seluruh prosesnya makan waktu 4 jam. belum pernah saya berobat jalan selama itu di RS.
ini pengalaman pertama saya ke rumah sakit umum,, mungkin saya aja yang terlalu rewel pengen segalanya cepat dan private.. pengalaman ini bisa jadi pembelajaran buat saya supaya lain kali bisa siap mental, dan mesti cerewet nanya sana sini biar dapet pelayanan yang maksimal,,

oya, after 1x diuap, rayyan baikan dan bisa tidur nyenyak lagi. Walau pileknya belum sembuh, setidaknya pileknya ga ganggu tidurnya rayyan lagi,, dan ga bikin rayyan beler lagi,, anyway,, get well soon pumpkin,,
*foto rayyan pas disinar,, foto diuapnya ga ada soale sibuk megangin selang dan rayyan.. keliatan kan difoto matanya rayyan beler gt.. kacian anak mami..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar