Rabu, 14 Desember 2011

normal vs sectio caesar

tema kayak gini mungkin udah sering banget dibahas di milis ato blog. Sebelum saya lahiran, saya juga sering nyari2 info tentang plus minusnya SC dan normal. yah, kayanya udah ga perlu dibahas lagi ya plus minusnya. pasti udah banyak blog ato forum lain yang bahas hal ini.
Kemarin saya lahiran rayyan lewat proses caesar, kenapa? because i want to! puas?
geeezz,, why can't everybody accept it. i just want to have a cesarean procedure! why does it bothers you a lot?
i know i was shallow, saya terlalu takut untuk lahiran normal. takut sakit, takut udahnya ambeyen, takut pup pas lagi ngeden, takut sobekan gede. i was soooo scare! tapi saya ga pernah sedikitpun merasa menyesal untuk menjalani persalinan caesar, walaupun di banyak forum banyak yang mengecam operasi caesar. but still no regret.
Persoalan tentang prosedur kelahiran ga berhenti sampe bayinya lahir, tapi terus berlanjut sampe sekarang (rayyan almost 8months), tiap ketemu orang pasti ada aja yang nanya: lahirannya normal?. Nah disinilah tantangannya.. Saya mesti menjelaskan kaya petugas dinas kesehatan tentang proses kelahiran rayyan, yang terus berlanjut dengan kenapa? kenapa? kenapa?
Kadang jadi males ceritanya, paling kalo ditanya tentang proses lahiran saya cuma ketawa doang ato ngangguk2. Karena saya pikir, gimanapun rayyan dilahirin, ga bikin rayyan beda dengan bayi lain (malah rayyan jadi lebih ganteng karena kepalanya bagus. hahaha) dan ga merugikan orang lain juga. Kalo dibilang dengan caesar bikin bonding dengan bayinya kurang erat, kayanya ga gitu deh. Saya tetep IMD right after rayyan keluar dari perut saya, saya sadar, saya bisa full asi, dan saya sayang banget sama rayyan.
so whats bother you? meski saya lahiran caesar, bukan berarti saya ga berjuang untuk anak saya. Mau bilang SC ga sakit? oh god! dimana ada operasi ga sakit? orang yang bilang kalo caesar itu menghindari sakit itu salah besar! Cobain deh, ntar tau rasanya..
in my opinion, proses lahiran itu kita yang nentuin gimana enaknya. Kaya si beb bilang, pilih dokter yang bikin nyaman, rumah sakit yang bikin nyaman dan proses yang kamu suka. karena percuma juga maksain normal kalo ternyata membahayakan bayinya.
jadi ibu-ibu hamil sekalian, pilih aja which one suits you. Keduanya ada kekurangan dan kelebihan kok. Ga usah terpancing ibu2 usil yang suka dengki sama ibu2 yang lahiran caesar.. lagian bukan mereka kok yang bayarin lahirannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar