Sabtu, 17 Desember 2011

merawat gigi bayi

rayyan mulai tumbuh gigi beberapa hari sebelum ulang bulan yang ke 6. gigi pertamanya adalah sepasang gigi depan bawah. trus beberapa hari kemudian disusul dengan gigi taring atas,, yak taring duluan doong.. trus beberapa minggu kemudian baru deh gigi seri atas.
jauh sebelum rayyan tumbuh gigi, saya udah berencana untuk beli orajel instant teething pain reliefing. Saya udah bayangin yang ngga2 aja, kebayang saya sendirian pas rayyan lg rewel. huhu Tapi waktu itu batal soale saya gatau kapan rayyan bakal teething, takutnya orajelnya keburu expired. waktu itu kebayangnya rayyan bakal teeething umuran 9 bulanan (karena anak2nya temenku tumbuh gigi umuran segitu). ternyata tiap anak beda2 ya.
Pas lagi teething, rayyan ga rewel sih, ga GTM juga karena waktu itu emang belum mulai makan. Tapi saya aga syok, soale udah kebayang ntar digigit2 pas nyusuin.. Hehe
Berhubung ga pake rewel2an, akhirnya bener2 ga jadi deh beli orajel instan teething pain itu,, (anak pintar! ga buang2 duit mommy. hihihi). dan ternyataaaa,, saya baca juga kalo si instant reliever itu ga disarankan,, -_-'. saya lupa baca diamana, saya googling dan nemu ini dan dibahas juga di FDA. untung kmrn ga jadi beli.. hehe yah walopun saya gatau kebenarannya dan saya bukan ahli di bidangnya, tapi main aman ajalah ya..

orajel instan teething pain relief

Anyway, Saya pernah baca, mestinya mulutt bayi dibersihkan tiap hari dengan kasa steril dan dicelup ke dalam air hangat untuk mencegah tumbuhnya jamur susu di lidah. itu loh, yang suka putih2 di lidah newborn. tapiiiii,,, saya terlalu malas untuk beli kasa steril.. :( pake finger tooth brush pun males, padahal saya udah beli sikat itu dari rayyan masih newborn,,, payaaahhh..
sekarang, setelah giginya rayyan 6 biji dan super gede, akhirnya saya sadar bahwa saya mesti merawat giginya rayyan. Minimal untuk membiasakan rayyan untuk merawat giginya.. soalnya saya kebayang2 gigi anak kecil yang item2 dan keropos gt,,, ih males banget liatnya. Saya dan kakak saya sih dulu gigi susunya putih bersih sampe hari dimana gigi susu kita tanggal. hohoho *bangga*
Saya masih pake finger tooth brush, karena saya masih belum berani pake bahan keras untuk masuk mulut rayyan, takut luka ato gimana2 gitu.. jadi sikat gigi yang didapet dari orajelnya belum dipake. Diganti dengan sikat jari summer yang ada case-nya, jadi insyaallah selalu bersih dan ga khawatir untuk dibawa travelling juga.summer finger tooth brush and case

berbekal finger tooth brush dan secuil orajel baby, saya sekarang rajin nyikat gigi rayyan.. hehe

warna ungu, kesukaan emaknya.. hehe (sikatnya belum dipake)
awalnya aga2 takut rayyan bakal ga suka disikat giginya trus berontak gt ato nangis,, soalnya dulu ponakan saya juga males bgt disikat giginya. Ternyata semua yang ditakutin ga kejadian tuh,, rayyan suka banget disikat giginya.. walopun udah itu dia mainan finger tooth brushnya buat digigit2, tapi setidaknya dia ga kan trauma disikat giginya.. hehe

aku suka (makan) sikat gigi


keep up ur good work pumpkin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar