Rabu, 01 Februari 2012

fishy nugget (9mo+)


ceritanya pengen bikin finger food buat rayyan,, namun apa dikata. adonannya ga pake tepung, jadinya lembek gitu, hehe jadi kemarin dipake untuk makan sama bubur aja.. dan sedikit disuapin buat camilan.. resepnya nyontek dari blognya teh dini, tapi aku modifikasi sedikit sesuai dengan keadaan dapur dan no gula garam, hehe

ini dia!
Bahan :
200 gram fillet ikan/ikan giling
1/2 buah wortel besar, parut
1/2 butir bawang bombay setengah butir ukuran sedang
50 gram keju cheddar diparut
2 lembar Roti tawar tanpa kulit
200 ml UHT plain
1 sdt lada bubuk
1 butir telur

Cara membuat :
Sobek-sobek roti tawar dan rendam dalam UHT sampai lembek. sisihkan.
Haluskan bawang bombay dan ikan menggunakan grinder/blender
masukan adonan ikan yang sudah halus kedalam adonan roti tawar, dan tambahkan parutan wortel dan keju hingga membentuk adonan.
Masukan ke wadah/loyang dengan ketebalan adonan kurang lebih 1,5 cm, kukus kurang lebih 30 menit
setelah matang dan dingin, lalu potong2 deh dengan shape cutter.
celup potongan nugget kedalam kocokan telur, lalu goreng. jadi deh..

sisanya bisa dibekuin untuk beberapa hari..

pas pertama bikin, saya satuin telurnya ke dalam adonan, adonannya jadi encer banget.. yang kedua kali, saya cuma pake telur untuk kocokan sebelum menggoreng aja. hasilnya jadi ga terlalu encer dan bisa dibentuk. tapi saran saya, mendingan adonannya dicampur dengan sedikit tepung ato oat biar agak kokoh..

oya, abis dicelup ke kocokan telur, saya ga gulingin nuggetnya ke breadcrumb, karena yang saya tahu breadcrumb itu ga terlalu baik buat kesehatan..
selamat mencoba,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar